5.19.2009

Another great life lesson :)

Which lasts longer, the feeling of "sayang" or "cinta"?

Jujur gw pribadi sampai saat ini masih belum bisa mendefinisikan kedua kata tersebut, apalagi membedakan. Mungkin ada beberapa orang yang akan mengatakan kedua kata tersebut adalah hal yang sama, tapi enggak bagi gw. Menurut gue, cinta itu lebih ke perasaan yang teratas, melebihi segalanya dan hanya bisa dirasakan oleh beberapa orang dan kepada orang-orang tertentu. Sedangkan sayang lebih ke perasaan yang netral, yang bisa dirasakan oleh siapa pun kepada siapa pun. Hal yang common, bisa dibilang begitu.

Seperti apa ya, sayang itu bisa diibaratkan oleh kata "teman". Pasti kita punya dong teman, dan gw yakin banyak teman-teman kita. Sedangkan kata "cinta" itu bisa diibaratkan oleh kata "sahabat sejati". Susah kan cari sahabat sejati? Dan kalau pun ada, pasti enggak sebanyak teman biasa kan? Yaa seperti itulah :)

Hari Sabtu dini hari, gw dan Rio sempat berantem hebat banget. Mungkin berantem terparah bagi kita berdua, so far - hopefully ga akan pernah lagi, amin! Alasannya sepele, waktu itu udah pukul 1 dini hari dan dia tiba-tiba mengetok kamar gw izin mau pulang, padahal sebelumnya dia bilang mau nginep. Jelas gue larang, terlebih lagi karena dia lg kurang sehat dan udah jam segitu juga. Hell no I'm giving him permission to go home. Tapi agaknya alasan gw kurang begitu bisa diterima oleh Rio, maka dari itu dimulailah perdebatan yang berujung bentak-bentakan diantara kita berdua.

Oke, skip masalah itu karena itu kurang berelasi dengan apa yang mau gw omongin. Besides, itu cuma berlangsung selama 1 jam kok (Ntah itu bagus atau buruk, gw kurang tau).

Subuhnya, terjadi sesuatu yang SANGAT SANGAT SANGAT........ *speechless*. Gw tidak bisa menjelaskan oleh kata-kata, walau ada 26 huruf dalam alphabet, tapi 26 huruf tersebut masih kurang bagi gw untuk bisa dirangkai menjadi kalimat-kalimat yang bisa menjelaskan apa yang terjadi saat itu. Singkat cerita, hal tersebut 'menampar' gue, Rio dan beberapa oknum yang tidak bisa disebutkan di sini.

Salah satu oknum bertanya ke gue, atau mungkin Rio, err... ya kita berdua lah; "Kalian udah berapa lama jadian?" dan jawaban gue ala kadarnya "Kita udah putus malah, kita jadian cuma sebulan hehe" dan mendengar jawaban gw yang memang polos tapi memang fakta oknum tersebut berkata "Ck, kalian ini yaah... Tapi bagus sih, jadi kalian itu saling sayang ya, bukan cinta. Karena kalau cinta, putus ya putus aja. Biasanya jadi musuh malah. Sedangkan kalo sayang, perasaan itu akan tetap ada regardless status kalian."

Nyeeeeeees.
Pas dia ngomong itu, otak gue langsung berpendapat "Bener juga". Karena apa ya, menurut gw pribadi perasaan sayang (FYI, ini jawaban gw atas pertanyaan di awal blog ini) itu lebih everlasting dibandingkan cinta. Cinta emang jauh lebih WOW dibandingkan sayang, tapi sayang itu tidak menuntut apa-apa. Sedangkan cinta iya. Menurut gw loh ya.

Sayang itu bisa diibaratkan oleh air yang terus aja ngalir, rasa sayang itu suka nongol aja tiba-tiba dan tanpa bisa ditolak apa lagi dihentikan. Sedangkan cinta, bisa dikontrol. Duh, susah deh ini hal yang abstrak. :-S

Gw bisa ngomong gw sayang sm nyokap gw, tp gw ga bs ngmg gw cinta sm nyokap gw. Ntah kenapa, tapi menurut otak dan lidah gw kata sayang lebih enak diucapkan dibanding kata cinta. HAHA.

Sampai saat ini, gw enggak yakin gw pernah merasakan apa itu perasaan cinta. Gw sempat merasa yakin pernah merasakan itu ke mantan kedua terakhir, tapi ntahlah. Habis gada seorang pun yang bisa memembuat gw mengerti arti dari kata cinta, jadi ya gw kurang yakin.

What about you?
Which lasts longer, the feeling of "sayang" or "cinta"?
I'm curious to know your answer ;)

T0odles!

10 comments:

mellovegood said...

Aduuuh gue juga gatau spesifiknya Mel, tapi menurut gue, cinta itu bisa bikin gue gila, buta akan segalanya, blabla.
Kalau sayang, itu lebih ke.. maturity. Dimana kita belajar ikhlas, tulus, dan makin dewasa! :D

Melinda S said...

stuju :)
cinta itu menuntut, sayang itu tulus :D

Alanda said...

Kalo menurut gue kebalik. Hmmm. Cinta is when you let go someone you can't live without. You know. It's more like... The more difficult, harder one thing. Sayang is keeping him around, keep loving him near. I dunno. Not an expert.

Because i used to say "aku cinta kamu, so now you can go."

Melinda S said...

betul2. cinta itu sepatah kata yg terlihat simple diucapkan, tp sebetulnya susah. karena its not an easy word to say, its a big word :)

tandodol said...

kalo gua "kasih" hehe

ribkhaa said...

mel, gueeeeeee suka banget post yang ini. menampar gue juga.

Melinda S said...

@ tando: jaaah, ga ngerti gua ndo mksd lo tp hehehe

Melinda S said...

@ ribkha: makaciih :) hehehe menampar ya? aduh maaf kl sakit :p

aqessa said...

love is when you cant explain what love is :)

Melinda S said...

exactly! love is unexplainable :)