3.11.2011

Friendship over lover

Bukan mau pamer, ato apapun ya. Saya sekedar bercerita aja, karena toh ini termasuk salah satu momen di hidup saya di mana saya ingin mengingatnya kembali di masa nanti. Makanya saya tulis di sini.

Gue punya temen deket cowok, deket banget. Dia selaluu ada kalo saya butuhin, kita pun juga sering pergi bareng bersama 1 sahabat kami (cewek) yang lainnya. Malah kita dulu sering banget pergi bertiga setiap beberapa malam sekali hanya untuk makan ato sekedar ngemil roti/pisang bakar (SAYA CINTA PISANG! :D). Padahal yaa, tempat kita tinggal ujung ke ujung semua! Sahabat saya yang cowok ini tinggal nya di Grogol, yang cewek tinggal di Paun, sedangkan gue tinggal di Cinere. Karena dia cowok yang gentleman, dia sering banget ngejemputin temen gue yang di Paun dulu baru jemput saya (yang notabene rumahnya bukan di Jakarta lagi) dan kembali ke daerah tengah Jakarta untuk nyari makan. Kebayang kan PR nya dia? Tapi dia ga pernah ngeluh.

Awal gue kenal dia pun ngga disengaja. Gue yang waktu itu lagi tinggal di Kemang, tiba-tiba dapet telfon dari sahabat gue yang cewek yang lagi gundah gulana dengan pacar barunya yang errr no komen deh (sekarang mantan). Padahal gue udah siap-siap tidur. Tapi sebagai sahabat yang mencoba bersikap baik, gue pun nge-hayok-in tawaran dia main ke rumah, padahal rumah udah gelap semua pada tidur. Dia pun bilang:

T: Mel, gue sama temen gue ya cowok
M: Hah? Cowok? Hadeeh, gue malu atuh ga kenal! Gue ga pake beha oi
T: Yaelah santai, nanti gue kenalin... Pake jaket aja, gue jg ga pake beha cm pake jaket biar ketutupan
M: *bengong* 

Di situ kami pertama kali ketemu, first impression saya "Woh, lucu juga" eh tapi, kita sama-sama berstatus taken waktu itu. Kita ngga ngobrol banyak, karena gue malu trus dia juga ngangkat telfon melulu dan gue lebih fokus ngedengerin cerita sahabat cewe gue.

Setelah malam itu, gue lupa deh gimana caranya tapi akhirnya kita jadi kontak-kontakan. Sampe akhirnya kita pun janjian pergi bareng (tenang, gue minta izin ke pacar gue waktu itu kok. ga kucing-kucingan), terus yaudah kita bertiga jadi sering ngabisin waktu bareng-bareng.

Tapi tiba-tiba saya ngerasa janggal sama sahabat yang cowok ini, perlakuan dia ke gue agak 'lebih' gitu. Gue pun nanya ke sahabat yang cewe, apa emang sikap dia begini, tapi reaksinya membuat shock! Karena ternyata dia tidak bersikap begitu biasanya, dan sahabat saya pun jadi bingung juga. Waduh! Gue waktu itu mikir mulai ga beres nih. Sampe akhirnya waktu gue jalan bertiga sahabat cowo gue dan adek gue di Citos, dia tiba-tiba memegang bagian leher gue. Niatnya sih baik, benerin tag cardigan gue, cuma sialnya itu spot lemah gue! Merinding lah gue langsung, dan gue ngerasa agak tersinggung. Gue pun ngomong "Heh! Awas lo pegang-pegang lagi, gue geli tauk!" dengan nada jutek dan tersinggung. Gue pun langsung laporan ke sahabat yang cewe (pengadu banget ya? haha), dia yang dasarnya gampang kebawa emosi langsung emosi beneran dan mencak-mencak. Di situ gue memutuskan untuk mulai ngejauh. 

Bulan Juli tahun lalu, gue ke Jogja selama 2 minggu. Dan ternyata di situ masalah yang semula mau gue selesein berdua aja setelah gue dari Jogja malah jadi kebahas saat itu juga. Akhirnya terjadilah conference di YM antara gue-sahabat cewe-sahabat cowo-sahabat cewe (dari mereka). Di situ terkuak lah sudah sifat sahabat cowo gue itu. Dia tiba-tiba ngirim sms yang aneh banget ke gue dan sahabat gue, bilang dia sengaja memperlakukan gue kayak begini begitu karena dia pernah trauma sama cewek jadi dia yakin gue pun bakal sama kayak cewek-cewe tersebut. Makanya dia memperlakukan begitu karena dia mau bales dendam. Gue langsung mikir "what the...", cuma karena gue mikir gue ga bisa bantu apa-apa yaudahlah gue cuekin aja. Biarin dia tenang sendiri, karena jujur aja gue pun tersinggung disamain gitu. Gue paling benci disama-samain sama orang lain! #factsaboutmelin

Beberapa minggu setelah itu dia pun memakai blackberry, dia ngeadd pin gue. Sempat awkward pertama-tama nya tapi lama-lama biasa lagi. Mungkin karena emang dasarnya kita cocok jadi temen, jadi ga bisa tiba-tiba jadi kayak musuh setelah kejadian itu sekalipun. Mulai dari situ kita jadi lebih sering lagi ketemuan, bertiga tentunya gue kapok kalo cuma berdua dan sebisa mungkin menghindari.

Kedeketan kita itu, sempet bikin mantannya (yang waktu awal ketemu masih berstatus pacar) penasaran sama gue. Dia pun sampe bela-belain bikin account lain untuk ngestalk gue! BAYANGKAN. Astaga, hidup gue tahun 2010 penuh dengan stalking-an dari cewek-cewek aneh yang masih berhubungan dengan laki-laki yang deket sama gue, ck! Di situ gue langsung negasin ke sahabat gue "Itu mantan lo ngerequest twitter gue mau ngestalk kayaknya, bisa jelasin kenapa? Kalian masih berhubungan deket kah? Gue gamau ribut-ribut, jadi either lo jelasin ke mantan lo ato kita jangan sering-sering berhubungan dulu biar gada salah paham". Sahabat cewe gue pun menyarankan hal yang sama. Tapi ntahlah, gue langsung gamau ambil pusing. Prinsip gue waktu itu "Gue sama dia cuma temenan, ga lebih. Terserah deh lo mau mikir apa", karena sahabat gue itu juga suka cerita soal sifat mantannya.

Okey. Habis sering-seringnya ketemu, suatu hari gue ngerasain yang janggal lagi dari sahabat gue yang cowok ini. Perhatian dia yang 'lebih' lagi. Dia bela-belain ke rumah gue pas gue sakit, cuma untuk ngasih Bread Talk kesukaan gue dan ngga ngasih langsung tapi nitip ke satpam gue. Gw sempet gamau mikir aneh-aneh tapi omongan sahabat cewe gue bikin gue jadi mikir, dia ngga ngelakuin itu buat sahabat cewe gue tapi malah ke gue. Padahal mereka udah sahabatan dari awal masuk kuliah. Pernah juga waktu itu, dia nekat-nekatin ke rumah gue gara-gara sahabat cewe gue butuh sesuatu dari gue padahal waktu itu katanya dia baru aja masuk rumah sakit eh tapi kabur gara-gara udah janji mo dateng ke pesta ultah temennya dan habis dari situ ga istirahat langsung jemput sahabat cewe gue dan langsung ke rumah gue. Padahal itu selama di jalan, sahabat cewe gue nge-BBM gue panik banget bolak balik gara-gara orang disampingnya sering banget hampir mau nabrak orang, kalo ga tiba-tiba supirannya oleng. Ngeri abis! Hasilnya? Gue ngurus dua orang sekaligus! Sahabat cewe gue yang lagi kelaperan dan panik karena ujian, dan sahabat cowok gue yang tiba-tiba demam parah.

Dasarnya gue orang yang ga tegaan, dan udah dari kecil pengen jadi dokter (apa hubungannya?) jadi pas tau sahabat cowok gue demam tinggi gue pun langsung bergegas ngekompres dia. Karena tau dia ga bakal mau makan, gue paksa dia untuk sama-sama makan nasi goreng yang udah disiapin pembantu gue karena sahabat gue yang cewe dari di jalan udah ngeluh kelaperan. Eh tapi gue lupa! Sahabat cowo gue ini ga tahan pedes, huaaa maafkan! Akhirnya gue bilang "Ga, udah lo ga usah makan. Mending sekarang kita keluar, kita cari makan yang lo mau". Sempet dia mau maksa nyupir, tapi gila aja gue belom kawin, eh nikah boi! Masih pengen hidup gue, akhirnya gue paksa gue yang bawa mobil dia. Kita muter-muter, eh ujung-ujungnya ke 711 Lamandau juga -__- padahal gue paling anti ke situ karena males ketemu mantan gue yang sering nongkrong di situ. Dari situ kita langsung balik ke rumah gue lagi, kita pun mikir kayaknya ga mungkin balikin sahabat gue yang cewe sekarang, mending kalo berdua sahabat gue bisa sambil ngawasin kalo-kalo nyupirnya ngaco lagi. Lah kalo udah sendirian dia ke Grogol pegimane?

Malam itu pun mereka berdua tiba-tiba nginep, sahabat gue cowo tidur di sofa depan TV dan sahabat gue yang cewe tidur bareng gue. Sebelum tidur pun gue sempet ngeganti kompres dia (dan sahabat gue yang cewe dengan enaknya udah ngadem di kamar gue), dia pun ngucapin "Makasih banget ya Mel, maaf ngerepotin". Gue cuma bisa diem aja ngangguk. Tapi karena peristiwa ini lah, kita bertiga jadi pecah lagi. Sahabat cewe gue ternyata paginya itu ada UAS (ato UTS?), dan karena tidur kurang dia pun ngerjainnya sambil terkantuk-kantuk. Meledaklah dia, gamau berhubungan dulu sama yang cowok. Hhh, gue cuma bisa mikir yang baiknya aja dan emang kayaknya ga berhubungan dulu lebih baik.

Sampe suatu hari akhirnya semua terbongkar. Ternyata si cowok menyimpan rasa ke gue, haaaahh serba salah gue. Gue ngerasa ini aneh, kok bisaaa? Gue kan ngga ngapa-ngapain yang special gitu, sikap gue biasa aja kayak ke orang lain pun gue begini. Tapi, kok bisa? Pas gue memutuskan untuk nyelesein semuanya bareng sahabat cewe tiba-tiba yang cowo menghindar dengan beribu alasan, gue pun jadi males lah, gue mikir udahlah terserah mau nya apaan gue males mikir beginian. Klo emang gamau diselesaiin baik-baik, maaf, tp gue bakal pake cara kasar. Gue pun memutuskan ngilang dari hidup dia. Waktu itu akhirnya sahabat cowok gue tiba-tiba memutuskan ke rumah gue, SENDIRI, bawa surabi pula (apaaa coba hubungannya?). Gue langsung mencak-mencak! Gue udah keburu males, itu udah malem banget, dia cuma sendiri padahal gue mau nya bareng sahabat cewe gue karena gue takut ga tegaan klo cuma berdua, dan waktu itu si Ucup juga kebetulan lagi nginep.

Jadilah semua dibahas sama sahabat cewe gue, yang sempet diteriakin sama sahabat cowo gue, tapi trus dia ga nerima dan neriakin balik. Haha sebetulnya gue mau ketawa, tapi ga enak, ini kan gara-gara gue. Jadinya gue bolak balik minta maaf ke sahabat gue yang cewe karena musti terlibat, tapi habis itu bener-bener kita gamau berhubungan apalagi ketemu sama yang cowo. Tiba-tiba BBM gue pun bunyi:

Bacanya gue langsung down banget. SIAAAAAAAAAAAL! Kenapa musti ada perasaan gitu sih? Gue kapok banget soalnya, temenan deket eh tiba-tiba ada perasaan, kan sayang gitu pertemanan yang udah capek-capek dibikin hancur cuma karena rasa lebih?

Gue langsung nginget-nginget semua yang pernah kita lewatin bareng-bareng.

  • Pas gue mulai curiga pacar gue selingkuhin gue, dia yang nenangin gue
  • Pas gue bener-bener ngegep pacar gue selingkuhin gue, dia bela-belain ngajak gue ngobrol di BBM barengan sahabat cewe gue, biar gua ga kepikiran. Sempet dia mau nyamperin di tengah-tengah, karena dia lagi gada kendaraan dan itu udah malem banget cuma gue nya takut nyupir sendiri dalam keadaan kalut gitu ntar kenapa-kenapa
  • Pas gue tiba-tiba gada les, dan males pulang dia gue suruh nyamperin eh bisa padahal waktu itu gue sih pengennya ketemu pacar tapi dia lebih milih kasur
  • Pas gue lagi mau makan nasgil depan kampus mereka sama sahabat cewe gue, eh tiba-tiba ketemu dia dan nasgil nya abis. Gue sampe berpendapat mungkin kalo kita bertiga kumpul bareng, ga bakal bisa deh makan nasgil. Karna kalo kita cuma berdua gitu (salah satu diantara kita ga ikut), pasti nasgil nya ada, semalem apapun
  • Pas gue dan sahabat cewe gue mulai kasmaran lagi sama cowok baru, kita ketawa ngikik malu-malu semua, dia setia ngedengerin kebawelan kita
  • Pas gue dan sahabat cewe gue bingung harus gimana sama percintaan, dia juga selalu ngasih saran
  • Pas smalem gue depresi pengen banget ikutan kuis di twitter yang hadiahnya tiket nonton 2PM gratis tanggal 19 ini, tapi gue ga bisa-bisa mau masuk dan ternyata DIA LAH YANG BERHASIL DAPETIN TIKET BUAT GUE! :D *kyaaaa*
  • Dan yang paling ngena. Di saat gue gamau sendirian pas gue ultah, di saat gue berharap bisa ngabisin waktu sama pacar... Dia lah yang bersedia nawarin nemenin gue seharian. Tapi bodohnya gue, gue lebih milih ngabisin malem pertama 19 tahun dengan pacar yang waktu itu lebih milih main komputer, sedangkan sahabat gue itu udah di Cinere dari sore udah beli kue segala macem mau kasih surprise dan dia lagi berusaha dapetin alamat gue dari gue cuma gue ga kasih karena gue lebih milih ngabisin sama pacar (waktu itu cara dia nanya pun udah mencurigakan sih, tp gw gamau GR dulu), padahal pacar gue siangnya lebih milih magang padahal di sana dia juga ga ngapa-ngapain. Ultah gue taun lalu gue bener-bener ngerasa bersalah banget
  • Dan masih banyak lagi
Kue yang harusnya gue tiup di menit pertama tanggal 28 September, malah gue tiup di jam terakhir

Udah banyak yang terjadi dalam jangka waktu yang singkat, dan itu semua hilang cuma karena "rasa". Sebel gedek-gedek gue.


I love you both, Tasya Nandya Saraswati & Ikhsanul Kamil :') Makasih untuk semuanya...

Pesen untuk Ikhsan, semoga lo bisa dapetin cewe yang lebih baik dari gue yaa. Jangan habisin waktu lo untuk nunggu yang ga pasti, San :)

Cheerio xo

2 comments:

Brandy said...

hahaha.. kasian juga yak..

Jeannie said...

halo kak! i know this is not important. just wanna let u know that i had moved to my new blog jeannieoct.blogspot.com merci! pls relink it. thx thx